Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khutbah Jumat Tentang Lailatul Qadar

 Marilah kita meningkatkan taqwa kita kepada Allah swt dengan sebenar benarnya taqwa


pada bulan ramadhan yang mulia ini, selalu terngiang ngiang di benak kita tentang malam yang sangat mulia dan istimewa, yaitu Lailatul Qadar. Malam yang disebut sebagai malam kemuliaan ini merupakan malam yang sangat dinanti-nanti oleh umat Muslim di seluruh dunia. Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh dengan keberkahan, dan diberikan oleh Allah SWT kepada umat manusia sebagai salah satu cara untuk memperoleh pahala yang berlipat ganda.


Malam Lailatul Qadar memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan malam-malam lainnya. Allah SWT menyebutkan keutamaan malam Lailatul Qadar di dalam Al-Quranul Karim, dalam surat Al-Qadr ayat 1-3 yang artinya:


"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan."


Dari ayat di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa dan penuh dengan keberkahan. Malam ini lebih baik dari seribu bulan, yang artinya pahala yang didapatkan pada malam Lailatul Qadar sama dengan pahala yang didapatkan selama seribu bulan.


Dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW juga memberikan penjelasan tentang keutamaan malam Lailatul Qadar. Beliau bersabda, "Carilah Lailatul Qadar di sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadan." Kemudian, beliau juga menambahkan, "Barangsiapa yang berdiri shalat pada malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan harapan, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."


Dari hadits di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat mulia dan istimewa. Pahala yang didapatkan pada malam tersebut sangat besar, sehingga kita harus memperbanyak amalan baik pada malam tersebut.


Lalu, apa saja amalan-amalan yang dapat kita lakukan pada malam Lailatul Qadar?


Shalat Malam

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada malam Lailatul Qadar adalah shalat malam. Shalat malam merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam, dan pada malam Lailatul Qadar, pahala shalat malam yang dilakukan akan berlipat ganda. Kita dapat memperbanyak shalat malam pada malam Lailatul Qadar dengan melakukan shalat Tarawih, shalat Witir, atau shalat Tahajud.


Membaca Al-Quran


Membaca Al-Quran pada malam Lailatul Qadar juga sangat dianjurkan. Dalam hadits riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa membaca satu huruf dari Al-Quran pada malam Lailatul Qadar, maka dia akan mendapatkan pahala seperti membaca Al-Quran selama satu bulan penuh."


Oleh karena itu, kita dapat memperbanyak membaca Al-Quran pada malam Lailatul Qadar, baik dengan membaca Al-Quran sendiri atau dengan mengikuti kegiatan pengajian Al-Quran di masjid atau di rumah.


Berzikir dan Berdoa

Selain shalat malam dan membaca Al-Quran, zikir dan doa juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan pada malam Lailatul Qadar. Zikir dan doa dapat dilakukan dengan mengucapkan kalimat-kalimat tasbih, tahmid, tahlil, takbir, dan doa-doa lainnya. Dalam hadits riwayat Abu Daud, Rasulullah SAW bersabda, "Allah SWT berfirman, 'Aku mencintai hamba-Ku yang memuji-Ku.' Maka, zikirlah Allah SWT pada malam Lailatul Qadar."


Oleh karena itu, kita dapat memperbanyak zikir dan doa pada malam Lailatul Qadar untuk mendapatkan pahala yang besar dan juga untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.


Memberikan Sedekah

Memberikan sedekah juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan pada malam Lailatul Qadar. Sedekah dapat dilakukan dengan memberikan sumbangan kepada orang yang membutuhkan, seperti fakir miskin, anak yatim, dan lain sebagainya. Dalam hadits riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, "Sedekah itu dapat menghapuskan dosa seperti air yang memadamkan api."


Oleh karena itu, kita dapat memperbanyak memberikan sedekah pada malam Lailatul Qadar untuk mendapatkan pahala yang besar dan juga untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan.


Beriktikaf

Beriktikaf juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan pada malam Lailatul Qadar. Iktikaf adalah menyekat diri di dalam masjid atau tempat ibadah lainnya untuk melakukan ibadah kepada Allah SWT. Dalam hadits riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang beriktikaf pada malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan harapan, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."


Oleh karena itu, kita dapat memperbanyak beriktikaf pada malam Lailatul Qadar untuk mendapatkan pahala yang besar dan juga untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.


Demikianlah, beberapa amalan yang dapat kita lakukan pada malam Lailatul Qadar. Dalam rangka memperoleh pahala yang besar pada malam tersebut, kita juga harus memperbanyak ibadah dan menghindari segala hal yang dapat mengurangi nilai pahala yang kita dapatkan.


Kita juga harus selalu memperhatikan dan memperbarui kesucian hati serta perilaku kita sehari-hari, agar kita selalu berada dalam keadaan yang diridhai oleh Allah SWT. Sebab, pada akhirnya, Allah SWT akan memperhitungkan amalan kita pada malam Lailatul Qadar dan selama hidup kita di dunia ini.


Saudara-saudara sekalian,


Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat mulia dan istimewa. Di malam tersebut, Allah SWT menurunkan segala macam kebaikan dan berkat untuk hamba-Nya. Oleh karena itu, kita harus memperbanyak amalan dan ibadah pada malam tersebut, agar kita dapat memperoleh pahala yang besar dan juga keberkahan dari Allah SWT.


Saudara-saudara sekalian,


Sebagai seorang Muslim, kita harus selalu memperhatikan dan memperbarui kualitas ibadah dan amalan kita. Kita harus selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas ibadah dan amalan kita, baik pada malam Lailatul Qadar maupun pada waktu-waktu lainnya. Sebab, hanya dengan kualitas ibadah yang baik, kita dapat meraih ridha Allah SWT dan mendapatkan tempat yang mulia di sisi-Nya.


Saudara-saudara sekalian,


Marilah kita memperbanyak amalan dan ibadah pada malam Lailatul Qadar. Marilah kita mengisi malam tersebut dengan segala macam amalan yang diridhai oleh Allah SWT. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita keberkahan dan hidayah-Nya, serta menjadikan kita sebagai hamba yang selalu taat dan patuh kepada-Nya.

Post a Comment for "Khutbah Jumat Tentang Lailatul Qadar"