Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Takdir dan Rasa Syukur

 Marilah kita senantiasa meningkatkan rasa takwa kita kepada allah, dengan rajin mengerjakan segala perintah-perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Di samping itu, marilah kita bersyukur kepada allah atas limpahan rahmat nikmat serta hidayahnya sehingga kita bisa menghadiri panggilannya berupa sholat jumat pada hari ini, mudah-mudahan diterima dan diterima allah subhanahu wa ta'ala.

Hadirin sidang jum'at rahimakumullah.

Haruslah kita akui bahwa masyarakat zaman sekarang ini banyak yang menjadikan harta sebagai tujuan hidupnya, inilah yang disebut materialisme paham kebendaan semua diukur dengan harta benda dan uang. Penghormatan kepada manusia lain pun juga berdasarkan harta benda yang dimiliki sehingga orang akan memuja memuji mereka yang punya harta dan kedudukan.

Inilah yang menyebabkan orang berlomba-lomba untuk menjadikan harta sebagai tujuan hidupnya bahkan dengan menghalalkan segala cara termasuk melalui perdukunan yang bersekutu dengan setan. Agama menuntun kita bahwa menjadi kaya itu tidak terlarang tapi jangan sampai harta benda dijadikan sebagai tuhan dan tujuan hidupnya. Harta benda hanyalah anak yang diamanahkan allah kepada manusia untuk digunakan sebaik-baiknya demi mencapai derajat yang taqwa.

 Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam al-qur'an surat al-hadid ayat 20 :

ٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّمَا ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌۢ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِى ٱلْأَمْوَٰلِ وَٱلْأَوْلَٰدِ ۖ كَمَثَلِ غَيْثٍ أَعْجَبَ ٱلْكُفَّارَ نَبَاتُهُۥ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَىٰهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُونُ حُطَٰمًا ۖ وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَغْفِرَةٌ مِّنَ ٱللَّهِ وَرِضْوَٰنٌ ۚ وَمَا ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَآ إِلَّا مَتَٰعُ ٱلْغُرُورِ

"ketahuilah sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan megah-megahan antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak-anak, seperti hujan tanamannya mengagumkan para petani, kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat kelak ada adzab yang keras dan ampunan dari allah serta keridhoannya, dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu."


Hadirin sidang jumat rahimakumullah

Tujuan hidup seseorang muslim sangatlah jelas yaitu beribadah semata-mata kepada allah swt. Apapun yang dilakukan haruslah dalam rangka mencari ridho allah subhanahu wa ta'ala, untuk itu diperlukan tuntunan agama agar hidup mengarah kepada allah swt bukan kepada setan.

Mencari kekayaan dengan cara yang sesat apalagi sampai yang menjadi budak setan, jelas-jelas telah melanggar ketentuan allah swt, dan tentu setiap melanggar akan mendapatkan balasan didunia apalagi di akhirat. 

Dan kita sedang mengingatkan kepada setiap muslim agar berpegang teguh kepada ajaran agama. Pelajari! Agama dengan baik agar kita tidak ditipu oleh hawa nafsu setan. Sebagai manusia kita selalu menginginkan kebaikan, dan agar manusia selalu mendapatkan yang terbaik hendaknya selalu berdoa dan berusaha maka allah akan menerima dan mengabulkan permintaannya. 

Segala sesuatu dunia ini sudah ditentukan oleh allah sejak sebelum dunia ini ada, misalnya ketentuan-ketentuan manusia, ada laki-laki dan ada perempuan, ada kaya dan ada miskin, ada sehat dan ada yang sakit dan semuanya berjalan menurut takdirnya. Allah swt menjelaskan dalam al-qur'an surat al-qomar ayat 49 : إِنَّا كُلَّ شَىْءٍ خَلَقْنَٰهُ بِقَدَرٍ  "sesungguhnya kami menciptakan segala sesuatu menurut hukum"


Hadirin  sidang jumat rahimakumullah

Orang yang ditakdirkan menjadi orang kaya dalam usahanya akan mengalami kemudahan, sebaliknya orang yang ditakdirkan miskin yang telah berusaha mati-matian, siang malam bekerja keras tidak mengenal waktu banting tulang peras keringat, akantetapi yang ditakdirkan miskin maka usahanya tidak akan pernah berhasil. Contohnya sahabat nabi yang bernama abdurrohman bin auf beliau adalah saudagar kaya raya yang hartanya melimpah ruah namun beliau tidak menikmati hartanya sendiri tetapi dia bagi-bagikan kepada fakir miskin dan untuk keperluan sehari-harinya. Dalam suatu riwayat menyebutkan bahwa beliau memberikan 500 budak diberikan untuk berperang dan 40 dinar dari penjualan tanah diberikan untuk fakir miskin dan di hari yang lain pula beliau memberi 1500 itu perlengkapan perang serta semua yang ikut serta dalam perang badar yang masih hidup, masing-masing diberi 400 dinar.


Hadirin sidang jumat rahimakumullah

Itulah keberhasilan abdurrahman bin auf dalam berniaga walaupun harta yang dikeluarkan tak terhitung banyaknya tetapi dia masih tetap kaya raya karena keberhasilannya didasari dengan keimanan dan tak ada harta haram atau syubhat. Dan sebaliknya, sahabat nabi yang miskin mus'ab bin umair yang telah gugur sebagai mati syahid, setelah meninggal dunia dan tatkala akan dimakamkan hanya terdapat sehelai gamis. Jika ditutupkan kepalanya maka kelihatan kakinya dan jika ditutupkan kakinya maka kelihatan kepalanya.


Hadirin sidang jumat rahimakumullah

Janganlah kita menyesali takdir allah yang telah ditentukan kepada kita semua. Syukurilah apa yang telah allah berikan kepada kita semua, berusahalah dengan niat untuk meraih takdir allah yang terbaik. Janganlah sering mengeluh dalam menghadapi kehidupan dan jangan lupa berdoa kepada allah setiap selesai salat maktubah dan mudah-mudahan doa kita dikabulkan oleh allah sehingga menjadi manusia yang terbaik di sisinya amin amin ya allah robbal'alamin


Post a Comment for "Takdir dan Rasa Syukur"